Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
(Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010
kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu
secara ekonomi.
Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan
Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010. Perguruan tinggi yang
mendapat bantuan Bidikmisi yaitu perguruan tinggi di bawah Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama.
Buat yang lagi mencari informasi pendaftara bidik misi Room Berbagi informasi Sahre kan
Tata cara Pendaftaran Bidk misi Selain terdapat syarat pendaftaran
bidik misi, ada pula sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan Tata Cara pendaftaran Bidik Misi. Tatat cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi adalah sebagai berikut :
PENDAFTARAN BIDIKMISI :
Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut :
- Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
- Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
- Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
- Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus dan sudah lulus dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
- Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
- Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk
- Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi.
- Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
- Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
- Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
- Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
- Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
- Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.
- Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1
Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa.
Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.
PENDAFTARAN SELEKSI MASUK
Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN,
SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti
ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi
tersebut.
MENGIKUTI SELEKSI MASUK
Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan
masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat
melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan
Bidikmisi
PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI
Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri)
agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program
Bidikmisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar